RENCANA PROGRAM LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
A. IDENTITAS
SEKOLAH
Sekolah : SMK N 2 ADIWERNA
Kelas/semester : XI
Bidang
Bimbingan : Belajar
Jenis
layanan : Informasi
Fungsi
Layanan : Pemahaman
Topik : Pengaruh Pacaran Terhadap Prestasi Belajar
Standar
Kompetensi : Kematangan intlektual
Kompetensi dasar : Mengenal konsep-konsep dasar ilmu pengetahuan dan perilaku belajar
Alokasi
Waktu : 1 X 45 Menit
B. TUJUAN
LAYANAN
1.
Siswa memahami
apa yang dimaksud dengan perestasi belajar
2.
Siswa mengenal
prinsip belajar
3.
Siswa mengetahui pengaruh pacaran terhadap prestasi belajar
C. MATERI
LAYANAN
1. Perestasi
Belajar
Prestasi belajar banyak diartikan sebagai seberapa
jauh hasil yang telah dicapai siswa dalam penguasaan tugas-tugas atau materi
pelajaran yang diterima dalam jangka waktu tertentu. Prestasi belajar pada
umumnya dinyatakan dalam angka atau huruf sehingga dapat dibandingkan dengan
satu kriteria (Prakosa, 1991).
Prestasi belajar kemampuan seorang dalam pencapaian
berfikir yang tinggi. Prestasi belajar harus memiliki tiga aspek, yaitu
kognitif, affektif dan psikomotor. Prestasi belajar adalah hasil yang
dicapai sebaik-baiknya pada seorang anak dalam pendidikan baik yang dikerjakan
atau bidang keilmuan. Prestasi belajar dari siswa adalah hasil yang telah
dicapai oleh siswa yang didapat dari proses pembelajaran. Prestasi belajar
adalah hasil pencapaian maksimal menurut kemampuan anak pada waktu tertentu
terhadap sesuatu yang dikerjakan, dipelajari, difahami dan diterapkan.
2. Prinsip
Belajar
Landasan utama dalam mencapai keberhasilan belajar
adalah kesiapan mental. Tanpa kesiapan mental, maka tidak akan dapat bertahan
terhadap berbagai kesukaran (kesulitan) yang dihadapi selama belajar.
Setiap peserta didik hendaknya mempunyai minat yang
besar terhadap semua mata diklat yang diterima di sekolah. Suka atau tidak suka
semua mata diklat harus ditempuh. Sikap membenci mata diklat tidak ada
manfaatnya, yang terbaik adalah mengambil sikap positif dengan berusaha
menyukai semua mata diklat yang diajarkan. Karena suka tidak suka mata diklat
tersebut harus ditempuh pada jenjang pendidikan yang mereka ikuti.
3. Pengaruh Pacaran Terhadap Prestasi Belajar
Pada umumnya ada beberapa faktor
yang mempengaruhi adanya tindakan pacaran terhadap remaja masa kini. Misalnya
pengaruh sinetron, tapi ada juga yang meniru kehidupan-kehidupan yang negatif
dari di sekitar mereka. Sehingga bisa mempengaruhi perestasi belajar.
D. KEGIATAN
LAYANAN
Tahap
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam, presensi
·
Membina hubungan baik
·
Menyampaikan materi tujuan dari
materi yang akan disampaikan.
|
5 Menit
|
Inti
|
·
Membagi kelas dengan beberapa
kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 orang.
·
Setiap kelompok dapat diberikan
topik yang berbeda.
·
Setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusi kelompok kecilnya dalam diskusi kelas dan kelompok yang lain menanggapi hasil kerjanya.
·
Hasil diskusi disampaikan dalam
penutup diskusi.
|
35 Menit
|
Penutup
|
·
Konselor menyampaikan kesimpulan
·
Evaluasi atau tindak lanjut.
|
5 Menit
|
E. MEDIA
·
Slide power point tentang materi
terkait.
·
Kertas dan alat tulis
F. METODE
·
Diskusi
·
Tanya jawab
G. TEMPAT
KEGIATAN
·
Ruang kelas.
H. PENILAIAN
1.
Penilaian hasil
Penilaian
hasil dilakukan melalui :
·
Penilaian Segera (Laiseg) : Siswa
memahami materi yang telah disampaikan.
·
Jangka pendek (Laijapen) : Siswa
merasa senang dan dapat menerapkan dalam kehidupan
sehari-hari tentang pengaruh pacaran terhadap prestasi belajar yang tidak
mereka dapatkan dari orang tua atau orang dewasa lainnya. Yang di ukur dengan
menggunakan lembar refleksi diri
·
Jangka panjang (Laijapan) : Di
ukur dengan menggunakan lembar observasi siswa (untuk dapat mengetahui
perubahan sikap melalui pengamatan langsung terhadap perilaku siswa setelah
mengikuti kegiatan tersebut).
2.
Penilaian Proses
:
Penilaian
proses dilaksanakan melalui analisis terhadap keterlibatan siswa dalam
pelaksanaan kegiatan.
Aspek yang
diamati:
·
Partisipasi siswa dalam diskusi
·
Penyelesaian tugas refleksi diri
I. EVALUASI
Evaluasi
hasil : siswa dikatakan berhasil memperoleh pengalaman belajar dengan baik,
bila:
· Merasa
senang dalam mengikuti kegiatan diskusi kelompok
· Dapat
berpartisipasi dalam penyelesaian tugas akhir diskusi.
· Dapat
menunjukkan perubahan sikap yang lebih baik dalam menjalankan hidup
dengan bertanggung jawab.
J. SUMBER
·
Buku materi, LKS.
Tegal, 6 April 2015
Mengetahui :
Kepala Sekolah Guru BK
SMK N 2 ADIWERNA
Hartono Harjo
NIP NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar